RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(kelas Rangkap)
(kelas Rangkap)
Mata Pelajaran : Kelas IV Bahasa Indonesia / pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
Kelas V IPA/Penggunaan Sumberdaya Alam
Kelas / Semester : III / II
IV / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Hari/Tanggal : Senin, 9 Januari 2012
_______________________________________________________________________
I. Standar Kompetensi
Kelas IV Bahasa Indonesia : 5. Mendengarkan pengumuman.
Kelas V IPA : 7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan
hubungannya dengan penggunaan
Sumber daya Alam (SDA)
II. Kompetensi Dasar
Kelas IV Bahasa Indonesia :5.1 Menyampaikan kembali isi pengumuman yang
dibacakan.
Kelas V IPA :7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia
yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian,perkotaan)
III. Indikator
Kelas IV Bahasa Indonesia : Mencatat pokok-pokok pengumuman.
Kelas V IPA : Mengubah permukaan bumi untuk memenuhi
kebutuhan misalnya pertanian, pembangunan,
pemukiman dan pembangunan jalan.
IV. Tujuan Pembelajaran
Kelas IV Bahasa Indonesia : Siswa dapat menyampaikan kembali isi
pengumuman yang dibacakan
Kelas V IPA : Siswa dapat menyebutkan akibat dari pertanian, pembangunan pemukiman, dan pembangunan jalan yang dapat mengubah permukaan bumi.
V. Materi Ajar
Kelas IV Bahasa Indonesia : Naskah pengumuman
Kelas V IPA : Sumberdaya Alam dan Penggunaanya
VI. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, pengamatan, tanya jawab dan diskusi
VII. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (10 menit)
Kelas IV dan kelas V
1. Berdoa
2. Mengabsen siswa
3. Menyebutkan Tujuan dari pembelajaran
B. Kegiatan Inti (25 menit)
Kelas IV
1. Guru meminta semua siswa mendengarkan pengumuman yang akan dibacakan. Teks pengumuman terdapat pada lampiran buku Bina Bahasa Indonesia 4b Siswa mendengarkan guru membacakan pantun
2. Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi pengumuman yang didengar.
3. Siswa meringkas pengumuman yang di dengar dalam beberapa kalimat.
4. Siswa menyampaikan ringkasan pengumuman
Kelas V
1. Siswa Menyimak penjelasan guru tentang dampak dari pembangunan jalan,Pemukiman dan pertanian terhadap permukaan bumi
2. Siswa menyebutkan dampak dari pembangunan jalan, pemukiman dan pertanian secara bergiliran.
3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
C. Kegiatan Akhir (35 menit)
1. Guru memberikan kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifannya dan kesungguhannya dalam proses belajar.
2. Mengerjakan Tes Evaluasi
3. Memberikan Pekerjaan Ruman (PR)
VIII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
Kelas IV Bahasa Indonesia : Standar Isi, Buku Bina Bahasa Indonesia 4b hal 38-39, Ary Astuty Surat kabar dan majalah anak.
Kelas V IPA : IPA kelas V S. Rositawaty, Aris Muharam
Hal. 137-138
IX. Penilaian
A. Prosedur Penilaian
Tes Awal : dilaksanakan
Tes dalam proses : dilaksanakan
Tes Akhir : dilaksanakan
B. Bentuk : Tekhnik, Instrumen
Bentuk : Isian
Tekhnik : Lisan dan Tertulis
C. Alat Penilaian
Kelas IV
Siswa diberi tugas mendengarkan pengumuman dari radio, televisi, atau pengeras suara. kemudian,siswa mencatat pokok-pokok pengumuman itu dan diringkas menjadi beberapa kalimat.
Kelas V
Isilah Titik-titik dibawah ini dengan benar !
1. Menebang kayu dengan alat tebang berdampak ....................
2. Beternak sapi dilahan perkebunan ....................
3. Melakukan pemburuan hewan langka ....................
4. Mengolah sawah dengan traktor ....................
Kunci Jawaban :
Kelas IV
1. Kesesuaian dengan pengumuman.
Kelas V
1. Positif
2. Negatif
3. Negatif
4. Positif
D. Pedoman Penilaian
Kelas IV
Skor maksimal 10
Kelas V
Skor maksimal No1-4 = x2
Melakasari, 9 Januari 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas
…………………………… ……………………………
Maskun SPd Kiki Meilinda
NIP. NIM. 090641091
Tidak ada komentar:
Posting Komentar