Selasa, 17 Januari 2012

Mengenal Si Imut Hamster^^




Paling sebeeeeeeeeelll banget kalo ada orang yang ngatain hamster Q itu TIKUS,, Perlu temen-temen tau kalo Hamster dan tikus itu BEDA.. Dari gambar diatas, kita dapat langsung bisa membedakan perbedaan hamster dan tikus, namun masih banyak orang yang tidak begitu memahami hamster mengatakan bahwa hamster mirip dengan tikus, bahkan hamster itu tikus. Untuk penyataan bahwa hamster mirip dengan tikus, saya berkomentar bahwa mereka benar (setidaknya benar demikian karena mereka bukan pencinta hamster), mereka memang mirip, sama-sama binatang pengerat (rodent) namun perbedaannya sangat jauh, baik itu fisik dan tabiat. Dan untuk penyataan bahwa hamster itu adalah tikus, saya berkomentar bahwa mereka salah. Hamster tidak mempunyai hubungan atau kerabat dekat dengan tikus (rat). Hamster mempunyai nama latin Cricetinae dan tikus (rat) adalah Muridae.

Bentuk tubuh hamster lebih gemuk dibandingkan dengan tikus yang agak sedikit langsing. Moncong tikus lebih panjang dibandingkan dengan hamster dan tikus mempunyai ekor yang panjang pula untuk menjaga keseimbangan mereka sedangkan hamster mempunyai ekor yang sangat pendek bahkan tidak terlihat seperti hamster jenis Roborovski. Tikus dapat hidup di tempat yang lembab, becek, dan kotor. Sedangkan hamster hanya dapat hidup di lingkungan yang kering jauh dari tempat yang basah. Itulah sebabnya tikus dapat tersebar dimana-mana karena mereka mempunyai daya tahan tubuh yang kuat, bahkan penelitian para ahli mengatakan bahwa tikus dari tahun ke tahun dapat menciptakan anti-bodinya sendiri sehingga mereka dapat terus bertahan di lingkungan apa saja dalam kondisi apa saja. Jadi itulah sebabnya tikus dapat membawa kuman-kuman penyakit di tubuhnya pada saat tikus itu berkelana karena tikus tidak merasakan kuman-kuman yang menempel di tubuhnya yang dikarenakan oleh anti-bodi tikus yang membuat tubuh tikus tetap fit walau banyak bakteri dan kuman.

Tikus (rat) dengan corak hitam putih dan Hamster Sirian Long Haired
Hamster mempunyai banyak variasi jenis mantel bulu dan hamster mempunyai jenis mantel bulu yang panjang juga (Hamster Sirian Long Hair atau Teddy Bear Hamster) sedangkan tikus variasi bulunya hanya sedikit. Dominan untuk tikus (rat) adalah hitam walau ada juga yang berwarna putih dan juga campuran putih dan hitam.----------------------




Hamster adalah binatang sejenis hewan pengerat terdapat berbagai jenis di dunia dan hampir ada di tiap negara.
Ada beberapa jenis hamster yang sering dijadikan hewan peliharaan ;
A.HAMSTER SYRIAN (Mesocricetus auratus)
Ditemukan pertama kali pada thn 1930 oleh I.Aharoni, seorang profesor zoologi universitas Habrew, Yerusalem. Hamster ini pertama kali ditemukan dalam sebuah lubang sepanjang delapan kaki di daerah padang pasir Aleppo, Siria.oleh sebab itu hamster ini dikenal dengan nama hamster siria (Syrian hamster). Hamster ini adalah jenis hamster yang berbadan paling besar.
- umur 2 – 2,5 thn,bila dirawat dengan baik.
- panjang 15 – 20 cm bila sudah dewasa.
- macam-macam hamster siria : (short hair, long hair, rex, satin).
B. HAMSTER CAMPBELL (Phodopus sungoris campbelli)
Ditemukan pertama kali pada thn 1905 oleh thomas campbell. Hamster ini berasal dari asia tengah, terutama banyak ditemukan di daerah Mongol dan timur laut Cina. Paling banyak varian warnanya sehingga hamster ini lumayan populer. Akan tetapi hamster ini sulit untuk di jinakkan alias suka gigit.
- umur 1,5 – 2 thn,bila dirawat dgn baik.
- panjang 9 – 12 cm,bila sudah dewasa.
- macam-macam hamster campbell :
(albino, panda, black bear, argente, opal, blue dll)
- masa kehamilan hamster campbell 18 – 21 hari.

C.HAMSTER ROBOROVSKI (Phodopus roborovskii)
Hamster ini berasal dari Mongol bagian barat dan timur serta sebelah utara Cina. Roborovski hidup di dalam lubang sedalam 50 – 150 cm. Hamster ini banyak juga peminatnya karena muka nya yang imut dan badan nya paling kecil dari semua jenis hamster. Harga di pasaran lumayan mahal di bandingkan jenis hamster yang lain. Mungkin karena hamster ini susah untuk di kembang biakkan. Hamster ini adalah hamster yang paling gesit. Larinya cepet banget, tapi jinak.
- umur 3,5 – 4 thn bila dirawat dgn baik.
- panjang 4 – 5 cm bila sudah dewasa.
- macam-macam hamster roborovski : (normal,white face).
D.HAMSTER WINTER WHITE (Phodopus sungorus sungorus)
Ditemukan pertama kali dijadikan sebagai bahan tulisan pada thn 1770. Nama winter white yg diberikan pada hamster ini didasarkan oleh perubahan warna bulu bila terjadi perubahan suhu. Pada musim dingin,bulu hamster ini akan berubah menjadi putih dan kembali ke warna asal pada musim panas.
Hamster winter white berasal dari bagian timur Kazakhastan dan tenggara Siberia.  Hamster ini mudah untuk dijinakkan karena sifatnya yang tak suka menggigit dan tidak agresif seperti campbell. Fisiknya hampir sama dengan campbell. Hamster ini cocok untuk pemula.
- umur 1,5 – 2 thn bila dirawat dgn baik.
- panjang 7 – 9 cm bila sudah dewasa.
- macam-macam hamster winter white :
(normal, safir, pearl, golden)
E.HAMSTER CINA (Cricetulus griseus)
Hamster ini berasal dari daerah utara Cina dan termasuk dalam keluarga hamster berekor panjang.
- umur 2 – 4 thn,bila dirawat dgn baik.
- panjang maksimal bisa mencapai 10 cm.
- macam-macam hamster cina : (normal,putih,berbintik2).
Tips Merawat Hamster
  • Tentukan dulu jenis kandang yang akan ditempati misalnya saja kandang dari besi atau dari kaca. Jangan lupa perhatikan ukuran kandang sesuai dengan jumlah hamster yang akan menempati kandang tersebut.
  • Beri alas kandang dengan serbuk kayu atau pasir. Ganti alas tersebut 1 minggu sekali.
  • Beri mainan agar hamster tetap lincah.
  • Perhatikan jenis makanan hamster, hamster tidak boleh terlalu sering diberi makan sayuran. Makanan hamster mudah didapat di petshop. Jangan lupa perhatikan makanan tambahan dan juga vitamin hamster untuk kesehatan hamster.
  • Jangan memandikan hamster pakai air, biasanya ada pasir khusus memandikan hamster . Sebaiknya hamster tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Apabila hamster hamil (biasanya ditandai dengan perut yang membesar) segera pisahkan batina dengan sang jantan. Ketika induk hamster melahirkan, jangan pernah sentuh bayi hamster,karena jika bau manusia tertempel pada bayi hamster maka induk hamster akan memakan bayinya.
Saya sendiri punya 8 ekor di rumah (untuk jumlah masih bisa bertambah ada yang bunting soalnya), dari jenis Syiria Long Hair & Short Hair,, Winter White,, and Roborovsky..^^
Tertarik memelihara hamster atau jadi peternak hamster mungkin??? Semoga tulisan ini menjadi inspirasi Sahabat Kitty...

3 komentar:

Ibnu Nugroho mengatakan...

Setujuuu daah :)
hamster bukan tikuus ^^

Die_Jo mengatakan...

Keren abis...
mulai nulis yg banyak ya...

Kiiky Meilinda mengatakan...

Asiiiiik ketemu hamster lovers jg.. :D Makassi ibnuuuuu..

Pak Ade..
Siiiiiiip deh paa..^^